Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 23 Februari 2013

Fieldtrip Mahasiswa Prodi Peternakan ke PT. Kepurun Pawana Indonesia

Sebagai program studi yang sedang berkembang, Program Studi Peternakan Universitas Muhammadiyah Purworejo terus memacu pengembangan kualitas mahasiswanya. Berbagai kegiatan kemahasiswaan yang positif selalu disupport baik dari Program Studi Peternakan, maupun dari pihak Fakultas Pertanian. Sebagai bentuk dari komitmen Program Studi Peternakan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, maka diselenggarakanlah kegiatan Fieldtrip Mahasiswa Program Studi Peternakan pada hari Sabtu, 17 November 2012 mulai Pukul 06.00 sampai dengan 19.00 ke PT Kepurun Pawana Indonesia (KPI) yang berlokasi di Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten.

Kegiatan Fieldtrip mahasiswa Peternakan diikuti oleh 22 orang mahasiswa dan di dampingi oleh 2 orang Dosen Fakultas Pertanian, yaitu Hanung Dhidhik Arifin, S.Pt, M.Si dan Priyono, S.Pt, M.Si. Bertolak dari kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo, rombongan langsung menuju lokasi PT. Kepurun Pawana Indonesia. Sesampainya disana, langsung disambut oleh Pegawai PT. Kepurun Pawana Indonesia. Patchol Rohman, mahasiswa semester V yang dipercaya sebagai ketua panitia mengungkapkan bahwa pemilihan PT KPI sebagai tempat Fieldtrip karena di tempat tersebut terdapat usaha agribisnis dan peternakan terpadu. Diantaranya yaitu budidaya ternak sapi potong, budidaya kambing, budidaya itik, pengolahan limbah ternak, pengolahan bakso, pengolahan telur asin serta bidang pertanian.

Setelah disambut oleh PT. KPI rombongan mahasiswa Program Studi Peternakan Universitas Muhammadiyah Purworejo dipandu oleh pihak PT KPI untuk dijelaskan mengenai Kegiatan Usaha PT. KPI. Urutan kegiatan yang dilakukan yaitu:
  1. Kunjungan ke Lokasi Tanaman Hortikultura PT KPI
  2. Kunjungan ke Lokasi Budidaya Ternak Sapi Potong
  3. Kunjungan ke Lokasi Budidaya Ternak Kambing
  4. Kunjungan ke Lokasi Pengolahan Limbah Ternak
  5. Kunjungan ke Lokasi Budidaya Ternak Itik
  6. Kunjungan ke Lokasi Pengolahan Bakso
  7. Kunjungan ke Lokasi Pengolahan Telur Asin dan Keripik Buah
Setelah selesai kunjungan ke unit usaha PT KPI, rombongan diajak praktik langsung membuat bakso dan membuat telur asin. Mahasiswa sangat menikmati proses ini, karena pada proses ini mahasiwa benar-benar mengalami langsung kegiatan produksi bakso dan telur asin. Kegiatan ditutup dengan makan bakso serta permainan outbond yang membuat pikiran kembali segar dan bugar. Sebelum pamit, rombongan berfoto bersama di depan Kantor PT. KPI untuk kemudian dilanjutkan makrab di Pantai Parangtritis. Rombongan juga dibawakan oleh-oleh telur asin lho. Terimakasih kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo dan Dekan Fakultas Pertanian yang telah memberikan ijin terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kedepannya akan lebih banyak kegiatan yang lebih baik lagi. Amiin. Caiyo mahasiswa Peternakan !!!




1 komentar:

Rino Saputro mengatakan...

wah berita menarik ini, silahkan pahami kembali rincian modal usaha bakso dan mari buka usaha sendiri

Posting Komentar

Konten Paling Sering Dikunjungi