Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 28 Oktober 2011

TEKNOLOGI MINAPADI JAJAR LEGOWO DI DESA BRAGOLAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO


TEKNOLOGI MINAPADI JAJAR LEGOWO
DI DESA BRAGOLAN  KECAMATAN PURWODADI
KABUPATEN PURWOREJO

Oleh :

Ir. Zulfanita, M.P
Dosen Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo

Desa  Bragolan terletak di Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Sebahagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani padi sawah karena daerah  desa Bragolan  merupakan daerah persawahan dengan kondisi tanah datar dan sarana  irigasi berupa saluran sekunder dan tersier  yang tertata baik untuik mengairi sawah.
                Pemanfaatan lahan sawah irigasi belum dimanfaatkan secara optimal oleh petani di desa Bragolan.  Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo perlu mengadakan kegiatan  pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihan yang dibiayai oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo.
                Penyuluhan yang dilaksanakan yaitu  tentang  budi daya ikan mas, metode budidaya ikan dengan sistem minapadi, teknologi minapadi dengan cara tanam  jajar legowo serta analisis usaha minapadi. Dalam kegiatan ini juga diadakan kegiatan pelatihan pembesaran ikan disawah dengan luas kamalir 150 m2 disela-sela tanaman padi jajar legowo.
                Hasil dari kegiatan tersebut adalah bahwa penduduk desa Bragolan yang mengikuti penyuluhan dapat menerima dan mengerti tentang minapadi jajar legowo tetapi pelaksanaan minapadi jajar legowo belum dapat diterapkan oleh semua petani karena  berbagai faktor, misalnya faktor kebiasaan  yang sulit dirubah, kendala ini kemungkinan  juga karena masih rendahnya pendidikan penduduk yang sebahagian besar lulusan SD sehingga untuk menerapkan suatu hasil penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baru masih sulit dilaksanakan.
                Oleh karena itu  perlu suatu metode yang tepat untuk memberikan kesadaran kepada penduduk agar mau dan mampu menerapkan ilmu dan teknologi yang telah  diterima. Pemberian motivasi antara lain dengan penyuluhan dan pelatihan yang lebih intensif dan ukti kongkrit terhadap keberhasilan terutama terhadap suatu penerapan ilmu dan teknologi yang masih dianggap baru merupakan metode yang baik untuk diterapkan.
                 Faktor alam yang sulit diprediksi, misalnya kekeringan/kemarau, faktor pemangsa/predator yang memangsa ikan membuat petani khawatir menerapkan teknologi minapadi jajar legowo.



0 komentar:

Poskan Komentar

Konten Paling Sering Dikunjungi